GUBERNUR NTB TEKEN MoU DENGAN KEPALA LEMSANEG

Anda berada di: BerandaBerita

GUBERNUR NTB TEKEN MoU DENGAN KEPALA LEMSANEG

Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Mayjen Djoko Setiadi, M.Si menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang penyelenggaraan persandian dan pengamanan teknologi informasi dan komunikasi guna menjamin kelangsungan sistem informasi dan menjaga keutuhan informasi di jajaran Pemprov. NTB.

 

 “Simbolisasi dari kehendak kuat Pemprov. NTB untuk menciptakan pemanfaatan teknologi informasi yang aman, terwujud dalam MoU ini. Jadi, MoU ini merupakan simbol dari langkah-langkah yang akan kita lakukan kedepan dengan bantuan dari Lemsaneg. Tidak ada otoritas di negeri ini yang lebih kompeten terkait dari pengamanan persandian dan teknologi informasi selain dari Lemsaneg,” ucap Gubernur.

Hal ini disampaikan Gubernur didampingi Kepala Lemsaneg, usai penandatanganan MoU di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Kamis (11/12). Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan tentang pentingnya pemanfaatan teknologi informasi bagi penyelenggaraan pemerintahan di NTB.

“Pemanfaatan teknologi informasi harus terus kita kembangkan sehingga betul-betul maksimal untuk bisa menciptakan pemerintahan yang efisien dan akuntabel. Kami juga sadar bahwa kami tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk memastikan bahwa pemanfaatan teknologi informasi ini bisa berjalan dengan aman dan betul-betul secure. Kalau misalnya pemanfaatan teknologi informasi tidak secure itu sangat rentan dengan banyak sekali penyimpangan-penyimpangan,” ucap Gubernur.

Diakhir sambutan yang diberikan, Gubernur menyampaikan harapan kepada Lemsaneg untuk lebih mengoptimalkan eksistensinya di NTB sehingga segala bentuk pemanfaatan teknologi dan informasi di Pemprov. NTB dapat terjaga keamanannya.

“Saya berharap, mudah-mudahan Lemsaneg bisa dapat hadir lebih aktif di NTB, dan semoga seluruh instalasi pemerintahan daerah dan komunikasi kepala daerah, dari kerjasama ini, bisa dipastikan aman,” tandas Gubernur.

Sementara itu, Kepala Lemsaneg Mayjen Djoko Setiadi, M.Si mengatakan akan selalu membantu dan memberi dukungan kepada Pemprov. NTB dalam hal memberi perlindungan dan pengamanan informasi di jajaran Pemprov. NTB.

“Lemsaneg, sesuai tugas dan kewenangannya berkewajiban memberikan dukungan persandian bagi Pemprov. NTB agar infrastruktur maupun sistem informasi dan komunikasinya dapat terlindungi keamanannya melalui teknik-teknik persandian yang dikembangkan oleh Lemsaneg,” ucap Djoko.

Penyelenggaraan persandian, dinilai Djoko memang bukan satu-satunya cara yang dapat menjamin keamanan dan pengawalan informasi, akan tetapi melalui kegiatan tersebut akan dapat meminimalisir segala kemungkinan bocornya berita informasi berklasifikasi rahasia yang dampaknya akan mengganggu kelancaran jalannya penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.  

Turut hadir dalam acara penandatanganan tersebut para staf ahli, asisten, serta para Pimpinan SKPD lingkup Pemprov. NTB. Acara penandatanganan dilanjutkan dengan sosialisasi keamanan informasi, dan diakhiri dengan demo kerawanan informasi oleh tim Lemsaneg. (poetri).