Mataram – Untuk mengevaluasi sejauh mana progres terhadap survey sanitasi di Kota yang kemudian akan diadakan survey terkait PJU dengan memanfaatkan Geoportal serta melakukan evaluasi terhadap progres aplikasi geoportal secara keseluruhan, Bappeda Kota Mataram mengadakan rapat dengan beberapa OPD terkait pada hari Selasa, 20 September 2022 kemarin, bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Mataram

Dalam rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan SDA, Sarpras dan Pengembangan Wilayah, yang membahas Progres Pendataan Baseline SPM Sanitasi Kota Mataram dan Pemanfaatan Geoportal untuk Pendataan Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Mataram.

Berikut ini beberapa hasil pembahasan rapat:

1.     Evaluasi Survey Sanitasi Kota Mataram

a.     Data yang masuk ke geoportal sebanyak 2.256 responden.

b.  Untuk survey baseline SPM mengalami kendala saat menggunakan aplikasi Geoportal seperti seringnya menjumpai aplikasi yang sedang mengalami maintenance sehingga tidak bisa diakses, hal ini berdampak kepada kinerja surveyor. Surveyor merasa takut data yang diinput tidak tersimpan. Hal ini juga mengakibatkan perbedaan jumlah data yang dicatat oleh surveyor dan data yang ada diaplikasi Geoportal.

c.  Untuk mengatasi hal tesebut dari Dinas PUPR menggunakan alternatif lain seperti googleform, serta menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas PKP yang dirasa lebih mudah digunakan.

d.     Secara keseluruhan kedala sejauh ini yang dirasakan dalam pemanfaatan aplikasi Geoportal dalam survey baseline SPM di Kota Mataram adalah rentan mengalami trouble dan sulitnya menyimpan data.

2.     Tanggapan pihak DASMAP

a.    Pihak DASMAP masih perlu melakukan identifikasi permasalahan yang menyebakan permasalahan yang ada.

b.  Pihak DASMAP juga menyatakan bahwa permasalahan bukan terletak pada server akan tetapi pada database yang sering mati.

3.     Tanggapan Dinas Kominfo

a.    Geoportal merupakan aplikasi yang berdiri sendiri pada server PDN, dan yang perlu diperhatikan kedepan adalah managemen cache, yang disarankan untuk menghapus cache secara berkala.

b.    Untuk kedepannya juga perlu diperharikan model penyimpanan pada aplikasi Geoportal.

c.    Perlu juga megidentifikasi mengapa database sering berhenti, apakah larena server digunakan oleh aplikasi lain atau data yang dimasukkan terlalu berat.

d.  Hal yang dapat dilakukan untuk melihat ketahanan server adalah melakukan stres test untuk menguji sejauh mana aplikasi berjalan sebelum digunakan oleh surveyor.

e.    Perlu adanya backup yang dilakukan baik secara manual atau semi manual.

f.     Perlu adanyanya mini aplikasi agara memudahkan surveyor untuk mengirim data secara berakala.

4.     Persiapan Survey PJU Kota Mataram

a.     Sudah melakukan komunikasi dengan pihak Dinas Perhubungan tentang survey PJU akan terapi komunikasi yang dilakukan belum mendeatail.

b.     Perlunya mendata atribut apa yang ingin didata oleh pihak Dinas Perhubungan.

c.      Pihak Dishub merencanakan pembatasan survey PJU pada jalan nasioanl dan jalan provinsi dengan stimasi 6000 titik PJU.

d.     Pendataan yang akan diambil perlu ditentukan lagi apakah secara kasat mata atau hingga ke sistem yang digunakan oleh PJU yang disurvey.

e.  Untuk perlaksanaan survey langsung menggunakan tim kecil. Surveyor bisa dipilih nanti oleh pihak konsultan.

f.       Penambahan foto saat survey juga akan dilakukan.

g.   Diperlukan pertemuan kembali untuk membahas form survey yang akan digunakan dalam proser survey PJU di Kota Matarm.

5.     Progres Aplikasi Geoportal Secara Keseluruhan

a.     Aplikasi Geoportal minimal pada akhir tahun diharapkan layak untuk dipublish kepada masyarakat.

b.   Pada saat ini kondisi data yang ditampilan pada geoportal masih banyak data dummy dan belum banyak data real.

c.    Progres data yang sudah selesai dibuat adalah titik perkantoran ruang publik.

d.   Kendala yang dialami oleh admin aplikasi Geoportal adalah kesulitan mengolah data hingga muncul sebagai peta di aplikasi Geoportal

e. Kendala yang juga dihadapai adalah karena adanya upadate pada aplikasi Geoportal terdapat fitur tambahan yang belum familiar bagi admin aplikasi Geoportal.

f.   Saran untuk pengembangan aplikasi Geoportal pada halaman awal aplikasi Geoportal bisa ditambahkan kategori yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan informasi.

g.     Bisa juga menambahkan tab untk menampung tema-tema informasi spasial.

h.     Untuk desain tampilan aplikasi Geoportal butuh referensi yang disesuaikan dengan data yang ada.

i.     Terkait hak akses pengelola survey, akses yang diberikan pada satu pihak ternyata bisa mengakses survey lain. Maka dibutuhkan pembatasan akses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.